Tips Mendidik Anak Menjadi Rapi


Seorang anak yang rapi, rajin dan terorganisir merupakan hal yang membanggakan hati setiap orang tua . Agar anda dapat menjdaikan anak anda memiliki sifat seperti itu, sebenarnya anda dapat mendidiknya sedini mungkin agar tidak menjadi anak yang berantakan. Berikut beberapa tips untuk membuat anak Anda menjadi seorang anak yang rapi dan terorganisir

Tips Mendidik agar Anak Menjadi Rapi

  • Dimulai sejak mereka masih kecil
Anda bisa memulai mengajarkan anak Anda untuk rapi pada usia sekitar 5 tahun. Biasakanlah dia untuk merapikan sekelilingnya tanpa menunda-nunda pekerjaannya itu.
Ajari mereka membersihkan apa yang telah mereka pakai
Setelah selesai bermain atau menggunakan sesuatu, ajari mereka untuk merapikannya langsung. Ajari mereka untuk merapikan sesuatu yang telah mereka pakai untuk bermain sebelum mereka mengeluarkan yang lainnya. Berikan sarana seperti keranjang atau lemari agar anak dapat dengan mudah merapikan barang mereka.
  • Mengajarkan emua pada tempatnya
Sediakan tempat khusus bagi masing-masing kegiatan anak, pisahkan tempat bermain dengan tempat lainnya. Anda tentu tidak menginginkan mainan anak Anda tercecer hingga dapur, bukan?
  • Memberikan contoh yang baik
Anak-anak akan belajar dari apa yang mereka lihat, untuk itu Anda harus mencontohkan kebiasaan untuk rapi pada anak-anak Anda. Pastikan Anda konsisten dengan apa yang Anda katakan dan lakukan agar anak tidak merasa bingung untuk mengambil contoh dari Anda.
  • Memberikan jadwal untuk bersih-bersih
Buatlah jadwal membersihkan kamar, menyapu lantai, atau berkebun bagi anak Anda. Ini penting untuk menjadikan mereka seseorang yang disiplin. Namun, pastikan pekerjaan itu tidak menjadi beban berat bagi anak Anda.
  • Biarkan mereka belajar konsekuensi dari berantakan
Cobalah untuk tidak melakukan apa yang menjadi kewajiban mereka. Biarkan mereka belajar dari keadaan ruangan mereka yang berantakan karena kelalaian si kecil. Anak-anak pasti akan membuat berantakan sebuah ruangan atau bahkan ruang Anda. Biarkan dia melakukannya, tetapi ajarkan pada mereka bahwa mereka harus bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan.

Tips di atas adalah sebagian dari tips cara mendidik anak menjadi rapi, yang diambil dari beberapa sumber

Comments

  1. thanks atas info nya mengenai tips mendidik anak menjadi rapi , point yang ke 3 saya sangat setuju dengan cara memberikan contoh yang baik tentunya akan membuat sang anak terbawa terus sampai dewasa,dan tentunya mengajarkan anak menjadi contoh yang baik juga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Puisi Cinta Mata yang Tak Melihat

Kata mutiara cinta

IRISAN HATI